KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI
DASAR
SEJARAH SMA
KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati
keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya
1.2
Menghayati keteladanan para
pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
2. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan
sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada masa pra
aksara, Hindu-Buddha dan Islam
2.2 Meneladani
sikap dan tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh
tokoh sejarah dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya
2.3
Berlaku jujur dan
bertanggung-jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
|
3. Memahami , menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.1 Mengkaji
konsep berpikir kronologis (diakronik) dan sinkronik dalam mempelajari
sejarah zaman praaksara, perkembangan Hindu-Buddha dan Islam
3.2 Memahami
corak kehidupan masyarakat pada masa praaksara
3.3 Mendeskripsikan
asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu dan
Melanesoid)
3.4 Menganalisis
berdasarkan tipologi hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di
lingkungan terdekat
3.5 Menganalisis
perbedaan proses integrasi nusantara antara masa pengaruh Hindu-Buddha dan
Islam
3.6 Menganalisis
berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan
kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia
3.7 Mengidentifikasi
karakteristik kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa
kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia dan menunjukkan contoh
bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini
3.8 Menganalisis
berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan
Islam di Indonesia
3.9
Mengidentifikasi karakteristik
kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa kerajaan-kerajaan
Islam di Indonesia dan menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada
kehidupan masyarakat Indonesia masa kini
|
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Mengolah
informasi fakta-fakta sejarah yang menunjukkan perbedaan proses integrasi
nusantara pada zaman pengaruh Hindu-Buddha dan Islam serta menyajikannya
dalam bentuk tulisan
4.2 Mengolah
informasi mengenai proses masuk dan perkembangan kerajaan Hindu-Buddha dengan
menerapkan cara berpikir kronologis, dan pengaruhnya pada kehidupan
masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan
4.3 Mengolah
informasi mengenai proses masuk dan perkembangan kerajaan Islam dengan
menerapkan cara berpikir kronologis, dan pengaruhnya pada kehidupan
masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan
4.4 Menyajikan
hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang
berkembang pada masa kerajaan Hindu-Buddha dan masih berkelanjutan dalam
kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini
4.5
Menyajikan hasil analisis dalam
bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa
kerajaan Islam dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada
masa kini
|
0 komentar:
Posting Komentar